INSTALASI PROMOSI KESEHATAN RUMAH SAKIT HAJI MEDAN TAHUN 2019

details
18 Mei 2019

INSTALASI PROMOSI KESEHATAN RUMAH SAKIT HAJI MEDAN TAHUN 2019

Rumah Sakit Haji Medan adalah institusi pelayanan kesehatan pemerintah provinsi Sumatera Utara yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat.

Promosi Kesehatan adalah proses untuk memberdayakan masyarakat melalui kegiatan menginformasikan, mempengaruhi dan membantu masyarakat agar berperan aktif untuk mendukung perubahan perilaku dan lingkungan serta menjaga dan meningkatkan kesehatan menuju derajat kesehatan yang optimal.

 

Promosi Kesehatan Rumah Sakit yang selanjutnya disingkat PKRS adalah proses memberdayakan Pasien, keluarga Pasien, sumber daya manusia Rumah Sakit, pengunjung Rumah Sakit, dan masyarakat sekitar Rumah Sakit untuk berperan serta aktif dalam proses asuhan untuk mendukung perubahan perilaku dan lingkungan serta menjaga dan meningkatkan kesehatan menuju pencapaian derajat kesehatan yang optimal.

 

Pelaksanaan PKRS dilakukan dengan strategi pemberdayaan masyarakat, advokasi, dan kemitraan, dengan berbagai metode dan media yang tepat, data dan informasi yang valid/akurat, serta sumber daya yang optimal termasuk sumber daya manusia yang profesional. Pelaksanaan PKRS menjadi tanggung jawab instalasi PKRS serta melibatkan multi disiplin/multi profesi terkait sesuai dengan peran, tugas, dan tanggung jawab masing-masing

 

Salah satu kegiatan Instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit Haji Medan mengembangkan penyuluhan kepada pasien, keluarga pasien, pengunjung Rumah Sakit, SDM Rumah Sakit dan masyarakat.

 

Tujuan Instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit Haji Medan:

-      Mewujudkan Rumah Sakit sebagai fasilitas pelayanan kesehatan yang dapat melindungi Pasien dalam mempercepat kesembuhannya, tidak mengalami sakit berulang karena perilaku yang sama, dan meningkatkan perilaku hidup sehat. 

-      Mewujudkan Rumah Sakit sebagai fasilitas pelayanan kesehatan yang dapat memberikan informasi dan edukasi kepada Keluarga Pasien agar mampu mendampingi Pasien dalam proses penyembuhan dan mencegah Pasien tidak mengalami sakit berulang, menjaga, dan meningkatkan kesehatannya, serta menjadi agen perubahan dalam hal kesehatan.

-      Mewujudkan Rumah Sakit sebagai fasilitas pelayanan kesehatan yang dapat memberikan informasi dan edukasi kepada Pengunjung Rumah Sakit agar mampu mencegah penularan penyakit dan berperilaku hidup sehat.

-      Mewujudkan Rumah Sakit sebagai tempat kerja yang sehat dan aman untuk SDM Rumah Sakit.

-      Mewujudkan Rumah Sakit yang dapat meningkatkan derajat kesehatan Masyarakat Sekitar Rumah Sakit.

 

RSU Haji Medan menggelar stand pameran acara Persi Februari 2019 dI Hotel Santika dengan konsep pelayanan unggulan menyentuh kebutuhan masyarakat di kunjungi oleh Direktur RS Haji beserta jajaran, PemprovSU, Kemenkes RI, RS. Adam Malik dan Prof. Dr. Sutomo Kasiman, Sp. PD, Sp. JP, FIHA, FACC, FESC, FAsCC.